Dari pemula sampai mahir dalam Opencart: Produk dan Kategori

Pada tutorial ini, kita akan sama-sama belajar mengenai fitur menu seperti produk, kategori & lainnya yang belum dibahasa pada artikel sebelumnya. Di sini kita akan sama-sama mulai untuk membuat sebuah menu kategori dan produk pada halaman (front-end) situs web Anda.

Dari pemula sampai mahir dalam Opencart: Produk dan Kategori

Artikel ini adalah bagian dari seri yang disebut: Dari pemula sampai mahir dalam Opencart.

Selamat datang di artikel berikutnya dari seri khusus Opencart. Dalam artikel kami sebelumnya, kita telah membahas panel administrasi dan kontrolnya; Namun, kita belum benar-benar membahas fitur menu produk, kategori, dan sebagainya.

Pada artikel ini, kita akan mulai melakukan hal itu.

Menambahkan produk sangat penting dan merupakan fitur dasar dalam sistem OpenCart. Namun, ini juga sensitif terutama karena produk sendiri adalah bagian inti dari sistem. Untuk itu, produk harus kaya akan kata kunci, memiliki deskripsi, dan rincian yang jelas. Jika Anda memahami optimisasi mesin pencari, maka Anda mungkin sudah memahami hal-hal ini.

Untuk saat ini, kita tidak akan belajar SEO karena fokus utama kita adalah memahami terlebih dahulu sistem OpenCart. Jika Anda memiliki minat untuk mempelajari lebih lanjut tentang kata kunci, dan banyak lagi, Anda dapat menemukan sejumlah besar artikel tentang Search Engine Optimization melalui internet atau akan saya bahas pada artikel lainnya.

Catalog (Menu Katalog)

Pada bagian menu ini artikel ini akan membahasnya lebih jauh. Di sini kita akan sama-sama menemukan berbagai fitur untuk toko online Anda serta secara garis besar sebagai ruang utama dalam penjualan barang pada toko online Anda.

Penjelasan berikut akan mengikuti contoh dasar dari bawaan (default) Opencart agar lebih mudah Anda pahami. Untuk lebih jelasnya mengenai setiap bagian pada menu ini, mari kita sama-sama mulai untuk mempelajarinya lebih jauh!

  1. Kategori (Categories)

    Misalkan, Anda menjalankan toko elektronik. Ada sejumlah besar koleksi gadget elektronik jadi sebagai praktek yang baik untuk mengurutkan semua gadget yang relevan dengan kategorinya. Saat pelanggan datang, mereka bisa menemukan gadget yang diinginkan dengan menemukannya dari kategori yang Anda buat.

    Catatan: Penyusunan kategori yang baik, rapi dan benar akan memberikan ketepatan bagi calon pembeli Anda dalam menemukan produk yang mereka cari. Jika kategori Anda terlalu membingungkan, bukan tidak mungkin, calon pembeli Anda akan mengurungkan niatnya untuk membeli melalui toko online Anda.

    Tutorial Opencart

    Gambar 43. Tampilan halaman Categories

    Sekarang saya akan membahas kolom-kolom yang ada dalam halaman kategori (Categories) ini. Sebagai contoh, kita buka kategori Desktops

    Tutorial Opencart

    Gambar 44. Kategori Desktops pada daftar kategori

    Sebelum jauh saya membahas, ada baiknya saya menjelaskan sedikit tentang beberapa tombol yang "hampir" selalu ada disetiap halaman back-end ini. Jadi, mari kita mengenalnya terlebih dahulu kegunaan setiap tombol yang ada.

    1. Lihat pada gambar 45. No 1 adalah tombol yang berada di sisi atas kanan yang berfungsi di antaranya seperti; tambah baru (Add New), salin (Copy), hapus/buang (Delete), memperbaiki/membangun kembali (Rebuild), segarkan (Refresh), bersihkan (Clear), dsb. Fungsinya masing-masing disesuaikan dengan ikon dan keterangan pada ikon tombol tersebut.

      Sedangkan pada No 2 adalah tombol yang selalu ada pada baris daftar dari halaman yang dituju. Fungsinya juga sama disesuaikan dengan ikon dan keterangan pada ikon tombol tersebut.

      Tutorial Opencart

      Gambar 45. Kategori Desktops pada daftar kategori

    2. Lihat pada gambar 46. No 3 adalah teks untuk memberitahukan bahwa pada saat ini kita sedang dalam halaman baru atau sedang dalam halaman perubahan. Maksudnya adalah, jika Anda membuat halaman baru dengan klik tombol tambah baru (Add New), maka teks tersebut akan ditampilkan adalah Add dan juga pada link di pramban Anda tidak akan ada penambahan link dan jika Anda sedang mengubah atau memperbarui suatu halaman, maka teks tersebut akan menjadi Edit sedangkan pada link pramban Anda akan ada tambahan link, contoh; &category_id=20 (Lihat gambar 47).

      Tutorial Opencart

      Gambar 46. Kategori Desktops pada daftar kategori

      Tutorial Opencart

      Gambar 47. Contoh link

    3. Masih pada gambar 46. No 4 adalah tab-tab yang berfungsi untuk mewakili setiap kolom untuk dilengkapi. Setiap pembuatan baru atau pada saat merubah suatu halaman, maka pada saat Anda berada di dalam halaman formulir Anda akan selalu menemukan tab "General", pada umumnya tab tersebut berisi judul halaman, atau nama. Untuk hal ini Anda bisa coba mengeksplor sendiri untuk mencari tahu (sebagai saran; ikuti terlebih dahulu contoh bawaan yang ada).
    4. Sedangkan pada gambar 46. No 5 adalah tab untuk memberitahukan kepada Anda bahwa lokasi bahasa yang sedang Anda isi/input. Jika Anda menggunakan lebih dari 1 bahasa pada toko Anda, maka pada tab ini akan menampilkan beberapa bahasa seuai bahasa yang Anda tambahkan sebelumnya. Sedangkan jika tidak ada tab bahasa seperti no 5, itu berarti Anda tidak perlu menggunakan multi bahasa.
    5. Dan terakhir untuk penjelasan mengenai tombol-tombol pada back-end Opencart, Anda lihat gambar 48. No 6 adalah tombol yang juga sama seperti yang sudah dijelaskan pada poin (a) no 1. Di setiap halaman isian/input data, maka akan selalu ada tombol Save/Cancel yang artinya, menyimpan atau membatalkan hasil inputan yang telah Anda buat.

      Tutorial Opencart

      Gambar 48. Tombol Save & tombol Cancel

    Baiklah, sekarang mari kita lanjutkan dengan penjelasan kolom-kolom dari menu Categories ini sekarang. Setelah tadi kita coba masuk pada salah satu kategori yaitu kategori Desktops. Dan saya akan mulai menjelaskan dari kolom pertama.

    Perhatikan pada tab General ada beberapa kolom yaitu;

    Tutorial Opencart

    Gambar 49. Tampilan halaman input Categories

    1. Category Name adalah kolom untuk nama kategori atau judul halaman (front-end) kategori Anda. Tapi ingat, ini bukan judul yang akan ditampilkan pada tab peramban Anda!.
    2. Description adalah kolom untuk mendeskripsikan atau catatan untuk kategori Anda.
    3. Meta Tag Title adalah kolom yang sama seperti kolom pertama. Perbedaannya adalah nilai (value) pada kolom ini yang ditampilkan pada tab peramban Anda. Cobalah tambahkan nama toko dibelakang nama kategori. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.

      Tutorial Opencart

      Gambar 50. Tampilan tab peramban sebelum ditambahkan nama toko pada kolom Meta Tag Title

      Tutorial Opencart

      Gambar 51. Tambahkan nama toko pada kolom Meta Tag Title

      Tutorial Opencart

      Gambar 52. Tampilan tab peramban setelah ditambahkan nama toko pada kolom Meta Tag Title

    4. Meta Tag Description adalah kolom deskripsi untuk halaman front-end Anda. Bagi Anda yang suka bermain dengan SEO pastinya sangat familiar dengan meta tag ini, dan penting diketahui bahwa Anda harus selalu mengisi kolom ini dengan deskripsi kalimat yang berbeda-beda dengan halaman lainnya. Karena ini yang akan ditampilkan juga pada mesin pencari. Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.

      Tutorial Opencart

      Gambar 53. Mesin pencari dengan kata kunci Opencart

      Perhatikan pada garis berwarna hijau itu adalah Meta Tag Title yang kita buat. Seperti apa nilainya (value) itulah yang akan dihasilkan oleh mesin pencari.
      Sedangkan untuk garis berwarna biru itulah yang dimaksud dengan Meta Tag Description. Dan Opencart memberikan deskripsi yang berbeda-beda pada setiap halaman, sehingga setiap deskripsi yang ditampilkan oleh mesin pencari juga berbeda-beda (lihat kedua garis biru, masing-masing memiliki deskripsi yang berbeda).

    5. Meta Tag Keywords adalah kolom favorit bagi Anda yang ingin meningkatkan SEO, Anda bisa memulai terlebih dahulu dengan teknik organik. Melalui kolom inilah Anda harus banyak memberikan nilai atau kata kunci untuk mesin pencari agar bisa menemukan toko online Anda. Secara organik, jika Anda pintar untuk memberikan kata kunci yang tepat, maka dengan sendirinya mesin pencari akan menampilkan posisi toko online Anda pada peringkat atas.

    Saat ini kita masuk pada pembahasan untuk tab Data. Tab ini berisi beberapa kolom yang sama seperti kolom-kolom sebelumnya yang artinya Anda hanya perlu melengkapinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam hal ini, silahkan Anda mengeksplornya sendiri sesuai dengan contoh bawaan dari Opencart. Jika ada pertanyaan lanjutan mengenai hal ini bisa ditanyakan langsung melalui kolom komentar di bawah.

    Tutorial Opencart

    Gambar 54. Tampilan tab Data pada halaman input Categories

    Sama halnya dengan tab-tab yang lainnya, setiap kolom disesuaikan dengan keinginan, dan kita tidak membahas lebih jauh mengenai hal ini di sini, karena secara umum, tentunya kolom-kolom pada tab seperti SEO dan Design itu ikuti seperti bawaan default Opencart saja. Maksudnya adalah ikuti sesuai contoh yang artinya kolom SEO itu harus sama dengan kolom pertama pada tab General, karena jika Anda ingin situs Anda ditampilkan dalam tampilan SEF (Search Engine Friendly) pada link situs/toko online Anda. Maka isilah sesuai dengan contoh yang ada. Anda akan mengerti dengan sendirinya apabila Anda sudah mulai mempublikasikan toko Anda secara daring (online). Mungkin pada artikel lainnya akan saya jelaskan lebih detail mengenai hal ini.

  2. Filter (Filters)

    Ini adalah opsional, tetapi perlu dicatat bahwa fitur ini digunakan untuk mengelompokkan produk yang ditunjuk. Fitur ini memberi pemilik toko dengan kontrol/kendali yang lebih besar atas produk apa yang dilihat oleh pelanggan Anda, kurang lebih ini adalah fitur penyaring produk, dibandingkan dengan opsi pencarian OpenCart.

  3. Atribut (Attributes)

    Setiap produk memiliki beberapa kategori atribut atau bisa dikatakan sebagai spesifikasi, OpenCart memberi Anda pilihan untuk menambahkan atribut tersebut. Fitur ini tentunya akan memberikan tampilan produk yang lebih baik.

    Sebagai contoh, sistem komputer memiliki beberapa spesifikasi seperti prosesor, RAM, hard disk drive, ukuran layar, graphics card, dan sebagainya.

  4. Produsen / Merek Dagang (Manufacturers)

    Produsen Produk terdaftar dapat ditambahkan di sini. Terkadang, perlu memiliki detail Produsen untuk penjelasan Produk yang Anda jual.

    Baik, sekarang kita lanjut pada pembahasan menu Products.

  5. Produk (Products)

    Menambahkan produk adalah pekerjaan yang sedikit rumit, karena memerlukan beberapa manipulasi fitur di atas, seperti filter, atribut (attributes), opsi (option), dan produsen/merek dagang (Manufacturer) dan lainnya. Ada juga beberapa tab dalam bentuk yang perlu dipahami.

    Tutorial Opencart

    Gambar 55. Tampilan halaman input Products

    1. General

      Tab ini termasuk Nama Produk, Deskripsi, Meta Tag & Tag Produk seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

      Catatan: Ingat! Anda harus menambahkan input untuk bahasa lain jika situs Anda menggunakan multibahasa.
    2. Data

      Tab ini mencakup informasi dasar, seperti kode produk, SKU, kode-kode lainnya, jumlah stok, status persediaan, dan input umum lainnya untuk perincian sebuah produk.

    3. Links

      Tab ini berisi link ke informasi lainnya. Seperti yang dibahas di atas, kita telah membuat kategori, produsen, filter, dll. link dikaitkan dengan produk dengan bantuan pada tab ini.

    4. Attributes

      Tab ini berisi daftar atribut. Saya telah membahas tentang atribut produk. Pemilik toko dapat menambahkan beberapa atribut ke suatu produk sebagai spesifikasi. Untuk tampilan pada penambahan atribut pada produk, lihat gambar di bawah ini.

      Tutorial Opencart

      Gambar 56. Tampilan tab Attributes pada halaman input Products

    5. Options

      Sudah ada beberapa opsi yang tersedia di OpenCart, tetapi Anda juga dapat menentukan Opsi Anda sendiri pada tab ini. Tab ini pada dasarnya untuk memberikan opsi terhadap suatu produk. Misalnya, untuk telepon seluler, Anda dapat memberikan pilihan warna atau pilihan lainnya seperti gambar di bawah.

      Tutorial Opencart

      Gambar 57. Tampilan tab Options pada halaman input Products

      Dan saat mengunjungi front-end, pelanggan akan dapat melihat opsi pada produk seperti gambar di bawah ini:

      Tutorial Opencart

      Gambar 58. Tampilan front-end pada halaman back-end produk toko online Anda

    6. Recurring

      Tab ini adalah tab yang berfungsi kurang lebih sebagai pengguna yang diijinkan untuk bisa mendapatkan pembayaran secara cicilan, namun sebelumnya Anda harus terlebih dahulu menentukan pengguna mana yang Anda ijinkan untuk bisa mendapatkan cicilan ini. Ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki toko online sebagai produsen yang memiliki beberapa distributor atau pelanggan spesial. Anda bisa menentukan terlebih dahulu pengguna ini dan membuat profil baru di menu Recurring Profiles.

    7. Discount

      Jika pemilik toko ingin memberikan diskon pada pembelian dengan jumlah produk tertentu dalam tanggal yang ditentukan, Anda bisa membuatnya pada tab ini. Secara garis besar ini juga bisa digunakan sebagai penjualan grosir.

      Tutorial Opencart

      Gambar 59. Tampilan tab Discount pada halaman input Products

    8. Special

      Tab ini hampir sama dengan tab Discount jika pemilik toko ingin memberikan harga spesial atau potongan harga produk tertentu dalam tanggal yang ditentukan, Anda bisa membuatnya pada tab ini. Perbedaan dengan tab Discount adalah tab ini tidak menentukan jumlah minimal atau maksimal pembelian baru mendapatkan potongan harga.

      Tutorial Opencart

      Gambar 60. Tampilan tab Special pada halaman input Products

    9. Image

      Tab ini berisi kolom untuk menampilkan gambar produk Anda dan juga gambar tambahan pada produk yang Anda jual.

    10. Rewards Points

      Beberapa pemilik toko memberikan poin khusus kepada pelanggan mereka untuk pembelian produk. Poin yang dihargai juga disebut sebagai poin loyalitas. Pemilik dapat menentukan Poin Hadiah untuk produk pada tab ini.

    Sisanya untuk tab SEO dan tab Design sudah saya jelaskan di atas.

  6. Ulasan (Reviews)

    Pelanggan memberikan ulasan umpan balik tentang produk Anda, ulasan tersebut akan tercantum di menu ini. Namun, Anda juga dapat memberikan ulasan secara manual pada produk yang Anda jual melalui menu ini.

  7. Informasi (Information)

    OpenCart cukup sederhana dan bersih. Dan memiliki semua opsi yang dibangun sebelumnya yang berguna untuk mengembangkan sebuah toko online; namun, ini juga Sistem Manajemen Konten, yang memungkinkan Anda menambahkan konten secara kustom.

    OpenCart telah menyediakan beberapa konten out-of-the-box seperti "Tentang Kami (About Us", "Syarat & Ketentuan (Terms & Conditions)" dan "Kebijakan Privasi (Privacy Policy)" dll. Anda juga dapat menulis konten Anda sendiri pada menu ini.

    Tutorial Opencart

    Gambar 61. Tampilan halaman Information pada back-end

    Tutorial Opencart

    Gambar 62. Tampilan navigasi link Information pada halaman front-end

Kesimpulan

Kita sudah selesai dengan pembelajaran pada panel administrator. Namun, seperti yang telah saya nyatakan pada artikel sebelumnya, motivasi utama sepanjang seri ini adalah memastikan bahwa kita memiliki pemahaman yang kuat tentang sistem ini.

Untuk itu, kita akan mulai berfokus pada aspek pengembangan OpenCart di beberapa artikel berikutnya. Sampai saat itu, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan atau komentar tentang artikel ini melalui formulir komentar di bawah ini.

Sumber Artikel : https://code.tutsplus.com/articles/from-beginner-to-advanced-in-opencart-products-and-categories--cms-21302

URL Singkat :
DirZn

DirZn

Saya adalah seorang pengembang web lepas dengan semangat untuk terus belajar. Saya sangat menyukai dunia pemograman dengan menggunakan bahasa php yang sudah sangat lama saya pelajari. Melalui situs ini juga saya akan banyak berbagi kepada Anda semua.

Lihat semua artikel saya

Artikel Terkait

Komentar