Dari pemula sampai mahir dalam Opencart: Struktur

Tutorial kali ini, kita akan mulai dengan memahami Kerangka OpenCart yang didasarkan pada pola desain struktur MVC. Melalui Artikel ini Anda akan belajar tahapan untuk mulai membuat sebuah pengontrol (controller).

Dari pemula sampai mahir dalam Opencart: Struktur

Artikel ini adalah bagian dari seri yang disebut: Dari pemula sampai mahir dalam Opencart.

Hingga titik ini, artikel sebelumnya fokus pada antarmuka pengguna OpenCart. Pada artikel, dibahas cara menggunakan panel admin. Mulai dalam artikel ini, kita akan memahami Kerangka OpenCart yang didasarkan pada pola desain MVC.

Jika Anda akrab dengan struktur Model-View-Controller (MVC), maka Anda sudah mulai; jika tidak, jangan khawatir tentang hal itu, kami akan membahas arsitektur MVC dalam artikel yang akan datang secara terperinci.

Memahami Parameter Route URL

Kerangka OpenCart cukup mudah karena dirancang untuk menarik perhatian para pengembang tingkat pemula. OpenCart mengikuti route URL yang mudah, seperti itu: route=aa/bb. String kueri "route" terdiri dari setidaknya dua bagian yang memberikan instruksi untuk membuat kerangka apa yang harus dimuat.

Sebagai contoh, dalam contoh di atas, saya menggunakan aa sebagai bagian pertama dan bb sebagai bagian kedua. Dalam arsitektur MVC, ia bekerja seperti ini:

Pertama, memuat kontrol (controller). Dalam hal ini, pengontrol diidentifikasi oleh parameter pertama dan kedua dalam string kueri. Bagian pertama dari string kueri mengidentifikasi direktori, bagian kedua dari string kueri mengidentifikasi nama file dari pengontrol (meskipun tanpa ekstensi PHP yang relevan).

Jadi parameter string kueri di atas terkait dengan file seperti yang diberikan di bawah ini:

(DIRECTORI ROOT OPENCART)/catalog/controller/aa/bb.php

Catatan: Parameter route dapat berisi bagian ketiga yaitu, route=aa/bb/cc. Bagian ketiga akan dibahas di artikel mendatang ketika kita melihat pengendali pemahaman.

Pengertian Pustaka

Pustaka memainkan bagian yang sangat penting dalam OpenCart. Pada dasarnya, pustaka adalah file pembantu, yang paling sering digunakan ketika mengembangkan sesuatu. OpenCart telah memberikan pra-dibangun pustaka yang bisa sangat membantu ketika menulis kode. Sintaks umum memuat pustaka seperti itu mengikuti format ini: $this->library_name. Pustaka dapat ditemukan pada folder system/library.

Misalnya, untuk memasukkan pengguna ke dalam sistem secara terprogram, Anda dapat menggunakan $this->user->login($username,$password); dan untuk mengeluarkan pengguna dari sistem, Anda bisa menggunakan $this->user->logout();.

Beberapa pustaka yang umum digunakan:

  • cart.php berisi fungsi yang terkait dengan keranjang

  • image.php berisi fungsi yang terkait dengan gambar seperti pemangkasan gambar, cache, dan banyak lagi

  • customer.php termasuk fungsi yang berhubungan dengan pelanggan/konsumen Anda

  • config.php bertanggung jawab untuk memuat semua pengaturan OpenCart

  • user.php berisi semua fungsi administrator dan pengguna

Pengertian Bahasa

Bahasa dapat ditemukan di folder catalog/language. Kita ambil contoh untuk penambahan bahasa Indonesia di toko online yang kita buat ini, jadi di dalam folder itu ada folder berbahasa en-gb sebagai bahasa bawaan Opencart dan id-id untuk bahasa Indonesia. Untuk lebih jelas memahami ini, kita akan melihat dan apa yang termasuk dalam direktori bahasa Inggris sebagai bahasa bawaan Opencart.

Nilai-nilai yang digunakan secara umum di banyak halaman ditulis di dalam file en-gb.php. Jika Anda ingin menambahkan nilai baru, Anda bisa menggunakan fitur yang ada pada back-end Opencart Anda. Melalui menu Language Editor lihat pada gambar 63 di bawah ini.

Tutorial Opencart

Gambar 63. Menu Language Editor

Fitur ini sebelumnya tidak ada pada Opencart versi di bawah versi 3. Dan ini sangat membantu bagi Anda yang pada dasarnya bukanlah seorang pengembang, dan ini bisa digunakan untuk membantu Anda menambahkan bahasa. Tapi jika Anda tertarik untuk ingin menambahkannya secara manual melalui file di dalam direktori bahasa, bisa dengan cukup mengikuti sintaks di bawah ini:

$_['language_key'] = 'Contoh bahasa';

Namun, bahasa yang didasarkan pada halaman khusus terletak di dalam folder. Misalnya, untuk halaman kesalahan, file bahasa dapat ditemukan di: catalog/language/en-gb/error/not_found.php.

File bahasa dapat dimuat ke pengontrol dengan menggunakan sintaks seperti di bawah ini:

$this->load->language('error/not_found');

Kemudian Anda dapat menggunakan fungsi pustaka bahasa "get" untuk mengambil nilai bahasa:

$this->language->get('language_key');
Catatan: Nilai-nilai dalam file bahasa global en-gb/en-gb.php secara otomatis dimuat dan tersedia untuk digunakan tanpa metode $this->load->language.

Kesimpulan

Artikel ini membahas & menjelaskan arsitektur dasar Sistem OpenCart. Tapi ini tidak semua, Ada sedikit hal yang bisa dijelaskan dalam dua artikel berikutnya.

Untuk menjadi ahli dalam beberapa struktur, seseorang harus lebih akrab dengan Arsitektur Sistem. Jadi, pada artikel selanjutnya, kita akan mulai fokus pada hal-hal inti. Saya harap Anda menikmati artikel ini, sampai artikel berikutnya, silakan tinggalkan komentar dan/atau pertanyaan apa pun melalui kolom komentar di bawah ini.

Sumber Artikel : https://code.tutsplus.com/articles/from-beginner-to-advanced-in-opencart-the-architecture--cms-21482

URL Singkat :
DirZn

DirZn

Saya adalah seorang pengembang web lepas dengan semangat untuk terus belajar. Saya sangat menyukai dunia pemograman dengan menggunakan bahasa php yang sudah sangat lama saya pelajari. Melalui situs ini juga saya akan banyak berbagi kepada Anda semua.

Lihat semua artikel saya

Artikel Terkait

Komentar