Dari pemula sampai mahir dalam Opencart: Pengertian MVC

Artikel ini adalah tutorial lanjutan untuk memahami Kerangka OpenCart yang didasarkan pada pola desain struktur MVC. Melalui Artikel ini Anda akan belajar tahapan lanjutan untuk membuat pengontrol (controller).

Dari pemula sampai mahir dalam Opencart: Pengertian MVC

Artikel ini adalah bagian dari seri yang disebut: Dari pemula sampai mahir dalam Opencart.

Dalam tutorial sebelumnya, telah dibahas beberapa dasar-dasar untuk memahami aplikasi inti OpenCart. Dalam artikel ini, kita akan melanjutkan diskusi tentang pola desain yang digunakan oleh OpenCart dan bahkan menulis pengontrol (controller) kita sendiri.

Sebelum memahami kode arsitektur di OpenCart, pertama-tama kita akan memeriksa Arsitektur Model-View-Controller (MVC).

Apa itu MVC

Dalam pemrograman web modern, arsitektur MVC banyak digunakan. Banyak dari kerangka kerja yang paling populer menggunakan MVC; Namun, ini bukan aplikasi, ini adalah pola desain - solusi yang ditentukan untuk masalah umum yang diatur dalam kode.

Demikian pula, ini juga dikenal sebagai pola arsitektur. MVC dapat dianggap sebagai arsitektur berbasis lapisan. Artinya, pengontrol (Controller), model (Model), dan tampilan (View) adalah tiga lapisan yang semuanya terkait satu sama lain.

Tutorial Opencart

Gambar 64. Struktur MVC

  1. Controllers

    Pengontrol memegang kendali utama program. Controllers bertanggung jawab untuk alur program. Dalam aplikasi MVC berbasis web, ini juga merupakan lapisan pertama yang disebut ketika peramban mengenai URL.

  2. Models

    Model menyimpan data utama dari program seperti informasi dari objek database dan query SQL. Semua data diperoleh dari model; Namun, model tidak dapat langsung disebut - itu adalah controller yang meminta model untuk data spesifik dan model melakukan permintaan dan mengembalikan data ke controller itu.

  3. Views

    Tampilan adalah lapisan terakhir dari Arsitektur MVC yang memegang antarmuka pengguna program. Dalam aplikasi web, tampilan berisi HTML, CSS, JavaScript, XML, atau JSON, dll. Tampilan adalah lapisan yang terlihat bagi pengguna sedangkan model dan pengontrol tersembunyi dari pengguna.

Mari kita pahami bahwa dengan bantuan percakapan terbentuk ketika pengguna menekan URL:

  • Controller: Hai Model ABC: Pengguna menginginkan Data XYZ, tolong berikan kepada saya.
  • Model: Dapatkan Data XYZ! Ini dia.
  • Controller: Hai View ABC, saya menyampaikan Data XYZ kepada Anda.
  • View: Memberikan informasi pada halaman untuk dilihat oleh pengguna.

Pengertian MVC di Opencart

1. Controllers

Sebagaimana dibahas di atas, Pengontrol adalah lapisan pertama Arsitektur MVC. Jadi mari kita lihat ini dalam konteks situs kami. Kami akan membuat pengontrol baru untuk membantu kami mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

  1. Buat direktori kosong test di direktori pengontrol yaitu, catalog/controller/test.

  2. Buat sebuah file PHP abc.php di dalam direktori yang barusan kita buat yaitu, catalog/controller/test/abc.php.

  3. Sunting file abc.php tersebut dan tambahkan kode berikut:

<?php
class ControllerTestAbc extends Controller {
	public function index() {
		$data['hello_world'] = 'Hello World';
	}
}

Dalam contoh di atas, ada beberapa kendala Kerangka OpenCart yang harus diikuti secara ketat oleh programmer.

  1. Untuk nama kelas kontroler (controller class), Seharusnya Seperti; Controller(Nama Direktori)(Nama File). Hal yang Perlu Dipertimbangkan: Kasus pertama nama folder dan nama file harus dalam huruf besar, dan jangan sertakan ekstensi file sebagai nama kelas.

  2. index() adalah fungsi utama yang dijalankan secara otomatis pada panggilan pengontrol controller.

  3. index() function harus public.

  4. Jangan gunakan HTML, JavaScript, atau CSS pada file controller.

Sekarang, masuk ke peramban Anda dan ketik URL: http://localhost/OpencartStore/index.php?route=test/abc

Ringkasan

Bingo! Anda telah membuat file pengontrol (controller) pertama Anda. Bukankah itu mudah? Ini cukup adil untuk tutorial ini karena kita telah membuat pengontrol (controller) pertama kita! (Controller) adalah lapisan MVC pertama dan paling penting karena MVC dapat ada tanpa model dan tampilan tetapi tidak tanpa (controller).

Dalam artikel berikutnya, kita akan membuat model dan tampilan serta melihat parameter route sehubungan dengan (controller). Saya harap Anda menikmati artikel ini. Selamat koding!

Sumber Artikel : https://code.tutsplus.com/tutorials/from-beginner-to-advanced-in-opencart-understanding-mvc--cms-21627

URL Singkat :
DirZn

DirZn

Saya adalah seorang pengembang web lepas dengan semangat untuk terus belajar. Saya sangat menyukai dunia pemograman dengan menggunakan bahasa php yang sudah sangat lama saya pelajari. Melalui situs ini juga saya akan banyak berbagi kepada Anda semua.

Lihat semua artikel saya

Artikel Terkait

Komentar