Perjanjian Kerjasama

Di bawah ini adalah Draft Kontrak Kerjasama antara Anda (Pemberi Jasa) dan Dirzn.com (Penerima Jasa).

VENDOR AGREEMENT

NO.________

Antara

DIRZN.COM

Dan

PT____________________

Untuk penyediaan jasa pengembang situs web

www.dirzn.com

Kontrak ini (“Perjanjian”) dibuat di Jakarta pada tanggal ____________________.

ANTARA

  1. PT____________________, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan beralamat di ____________________. Selanjutnya disebut “Pemberi Jasa”.
  2. Kami selanjutnya disebut “Dirzn.com”.

Pemberi Jasa dan Dirzn.com selanjutnya dalam perjanjian ini disebut secara sendiri-sendiri sebagai “Pihak” dan secara bersama-sama sebagai “Para Pihak”.

DENGAN INI DISETUJUI HAL-HAL SEBAGAI BERIKUT:

  1. Dirzn.com adalah situs web yang bergerak dalam bidang pengembang situs web, memiliki situs web online yg aman, dengan menyediakan barang-barang untuk mendukung beberapa aplikasi dan juga ekstensi berbasis CMS (Content Management System), dan dijual melalui internet dengan menggunakan nama domain www.Dirzn.com.com (Laman).
  2. Pemberi Jasa adalah Anda atas nama pribadi atau atas nama perusahaan sebagai pihak yang memberikan kepercayaan kepada Dirzn.com sesuai dengan tingkat pelayanan (SLA) yang disepakati.
  3. Dengan perjanjian ini, Pemberi Jasa memberi ijin kepada Dirzn.com, diantaranya, untuk membangun, mengembangkan, mengubah, menjual dan mendistribusikan. Para Pihak berkeinginan untuk mengadakan suatu perjanjian sebagai landasan bagi semua transaksi yang dilakukan di antara para pihak dalam menyelesaikan setiap proyek (Maintenance, Repair, & Operation) dari Pemberi Jasa kepada Dirzn.com selama masa berlaku Perjanjian ini dan sesuai dengan Lingkup Pekerjaan yang tersebut dalam Lampiran “A”

SYARAT-SYARAT DAN KETENTUAN-KETENTUAN

Setiap proyek / pekerjaan (selanjutnya disebut “Order”) yang diberikan oleh Pemberi Jasa kepada Dirzn.com adalah sesuai dan tunduk kepada Syarat-syarat dan Ketentuan-ketentuan Umum dalam Perjanjian ini dan Lingkup Pekerjaan yang tersebut dalam Lampiran “A”.

I. PENERIMAAN ORDER

  1. Order Konfirmasi akan dikeluarkan melalui sistem elektronik Dirzn.com dengan konfirmasi melalui surel kepada tertuju dalam hal ini adalah Pemberi Jasa dan berlaku sebagai order resmi untuk segera dilaksanakan pemenuhannya oleh Dirzn.com (Penerima Jasa).
  2. Dirzn.com wajib memenuhi setiap spesifikasi yang dimuat di dalam Order dan spesifikasi-spesifikasi itu harus detil dan lebih terperinci daripada pesan biasa.

II. INSPEKSI DAN PEMBERIAN HAK

  1. Pemberi Jasa menyetujui dan mengijinkan perwakilan dari Dirzn.com untuk memasuki halaman dan gedung Pemberi Jasa pada waktu-waktu yang dipilihnya apabila diperlukan oleh Dirzn.com dengan pemberitahuan wajar sebelumnya kepada Pemberi Jasa terkait dengan Perjanjian ini.
  2. Dengan mendaftarkan Order ke dalam Laman Dirzn.com, Pemberi Jasa memberikan kepada Dirzn.com hak-hak sebagai berikut:
    1. secara exclusive, diseluruh dunia, bebas royalty, terus menerus, hak lisensi yang tidak dapat dibatalkan, dan hak untuk memasarkan, menduplikasi, mempublikasi “konten” dalam bahasa manapun dan hak untuk menterjemahkan melalui Laman maupun laman lain dibawah lisensi Dirzn.com.
    2. hak untuk membuat karya turunan atas “konten”, hak untuk menyertakan “konten” dalam iklan dan promosi, dan hak untuk sub-lisensi, melalui media apapun dan dimanapun diseluruh dunia.

III. PENYERAHAN

  1. Waktu adalah yang terpenting. Pemberi Jasa harus memberikan semua kebutuhan untuk “konten” pada Order yang diberikan kepad Dirzn.com sesuai dengan tanggal, tempat, sebagaimana ditentukan di dalam Order Konfirmasi dan harus dilengkapi dengan Surat-surat yang dibutuhkan di dalam Order Konfirmasi dari Dirzn.com, kecuali sebagai akibat dari Keadaan Memaksa.
  2. Dalam kondisi normal, Pemberi Jasa wajib tunduk dan mematuhi jadwal kesepakatan yang telah ditentukan dengan segera setelah menerima Order Konfirmasi (Referensi ke Lampiran A).
  3. Pemberi Jasa membela, melindungi, memberi ganti rugi dan membebaskan Dirzn.com dari setiap klaim apabila ada perubahan di dalam kesepakatan yang telah ditentukan.

IV. PENERIMAAN DAN PERUBAHAN

  1. Setiap hasil Order yang tidak sesuai dengan Order, atas pilihan tunggal Pemberi Jasa, maka; (a) dikembalikan kepada Dirzn.com yang wajib menanggung biaya-biaya dan risiko-risikonya sendiri yang timbul karenanya, atau (b) dengan segera diganti atau diperbaiki oleh Dirzn.com.
  2. Dirzn.com hanya akan menerima 3 (tiga) kali perubahan (revisi / pembenaran) untuk setiap hasil Order, setelahnya Dirzn.com berhak untuk membatalkan Order-an atau membuat kesepakatan baru.
  3. Dirzn.com sewaktu-waktu dan dengan kebijakannya sendiri, dapat melakukan perubahan, penambahan, penghapusan maupun penambahan syarat-syarat dan ketentuan yang mencakup kebijakan atau aturan yang mengatur Laman dan / atau pelayanan yang ditawarkan dalam Perjanjian ini.
  4. Dirzn.com dapat sewaktu-waktu merubah atau menghapus (sementara maupun permanen) Laman, Order atau Pemberi Jasa dan informasi nya dari Laman tanpa harus memberikan alasan dari perubahan maupun penghapusan tersebut, dan Pemberi Jasa setuju bahwa Dirzn.com tidak bertanggung jawab terhadap Pemberi Jasa untuk perubahan maupun penghapusan tersebut.

V. JAMINAN DAN PENGEMBALIAN UANG

  1. Pemberi Jasa menjamin bahwa setiap Order yang diserahkan dengan cara yang baik dan profesional dan sesuai dengan standar-standar UU ITE NKRI, bahwa semua Orderan yang diberikan kepada Dirzn.com tidak mengandung konten dan atau informasi yang dapat melanggar di dalam UU ITE NKRI.
  2. Pemberi Jasa menjamin tanpa syarat, bahwa setiap Order yang dimasukkan pada Dirzn.com dan informasi lainnya, data dan/atau isi (konten) yang diberikan:
    1. adalah benar, tepat dan tidak menyesatkan ataupun menipu.
    2. adalah tidak melanggar hak kekayaan intelektual milik Dirzn.com atau pihak ketiga, seperti hak cipta, paten, merek dagang, rahasia dagang atau hak kepemilikan lainnya, hak publikasi atau privasi.
    3. adalah tidak melanggar hukum, undang-undang, atau peraturan.
    4. adalah tidak mencemarkan nama baik atau hasutan dan
    5. adalah tidak menimbulkan tanggung-jawab kepada Dirzn.com.
  3. Dalam hal terjadi kerusakan / perubahan pada hasil Order terhitung mulai tanggal akhir Penerimaan hasil Order, maka apabila ada permintaan untuk memperbaiki atau mengganti atau mengubah di dalamnya, maka Pemberi Jasa bertanggung jawab berdasarkan pasal ini agar membayar biaya tambahan untuk memperbaiki atau mengganti setiap kerugian apabila:
    1. Setiap orang selain Dirzn.com, telah merusak atau mengkutak-katik atau melakukan modifikasi atau perubahan yang tidak disetujui pada hasil Order setelah diselesaikan; atau
    2. Hasil Order telah dipublikasikan oleh Penerima Jasa selain sesuai dengan petunjuk pengoperasian atau petunjuk yang diberikan oleh Dirzn.com.
  4. Apabila terjadi pembatalan sepihak baik oleh Pemberi Jasa ataupun oleh Dirzn.com setelah ada kesepakatan, maka Pihak yang membatalkan harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap setiap resiko dan tuntutan yang timbul sehubungan dengan pembatalan sepihak termasuk terhadap segala biaya dan penalti atau denda yang timbul.

VI. TANGGUNG JAWAB DAN GANTI RUGI

  1. Pemberi Jasa harus membela, mengganti rugi dan membebaskan Dirzn.com dari dan terhadap, klaim-klaim, pembebanan-pembebanan atas konten, dan informasi yang menjadi milik Pemberi Jasa yang tidak sesuai dengan ketentuan dan syarat dalam perundang-undangan.
  2. Pemberi Jasa harus membela, mengganti rugi dan membebaskan Dirzn.com dan pelanggan, perusahaan-perusahaan induk, anak perusahaan, afiliasi dan perusahaan-perusahaan gabungannya serta para pejabat, direktur, pegawai dari dan seluruh gugatan, tuntutan dari setiap entitas atau orang karena cidera, sakit atau kematian, atau karena kehilangan atau kerusakan pada properti sepanjang diakibatkan karena atau timbul dari setiap keadaan cacat pada Order atau karena tindakan dan kelalaian Pemberi Jasa.

VII. PEMBATALAN

Dirzn.com berhak untuk membatalkan secara tertulis dengan pemberitahuan 1 hari sebelumnya, secara total atau sebagian dan tanpa tanggung jawab untuk pembayaran dari setiap kerusakan dalam bentuk apa pun juga, setiap Order atau bagian dari Order:

  1. yang, tunduk kepada Pasal III, tidak diserahkan kepada Dirzn.com sesuai dengan ketentuan-ketentuan penyerahan yang ditetapkan di dalam Order
  2. yang Penerima Jasa tidak lagi sanggup menjamin pelaksanaan pemenuhan Ordernya secara layak;
  3. dalam hal bahwa Pemberi Jasa melanggar setiap dari syarat-syarat atau ketentuan-ketentuan dari Perjanjian ini.

VIII. KEKAYAAN INTELEKTUAL DAN INFORMASI RAHASIA

  1. Pranala-pranala yang menampilkan Laman-Laman Dirzn.com, “Dirzn.com.com”, dan semua yang terkait terhadap logo dari pelayanan yang dijelaskan pada Laman Dirzn.com adalah milik dan hak cipta Dirzn.com, merek dagang atau merk dagang yang terdaftar dari Dirzn.com atau pemberi lisensinya. Sebagai tambahan, semua Laman, grafis yang dibuat khusus, desain, tombol ikon, kode naskah dan sumber kode adalah hak cipta milik Dirzn.com. Pemberi Jasa dilarang menjiplak, meniru, memodifikasi, merubah, memperbaiki atau menggunakan nya tanpa ijin tertulis lebih dahulu dari Dirzn.com. Semua hak, kepemilikan dan kepentingan terhadap dan dari Laman dan isi apapun daripadanya adalah semata-mata milik Dirzn.com dan pemberi lisensinya.
  2. Pemberi Jasa menyetujui untuk memperlakukan secara rahasia dan merupakan kerahasiaan dan tidak akan pada setiap waktu atau untuk setiap alasan apapun selama atau sesudah berakhirnya atau diakhirinya dari Order atau Perjanjian, mengungkapkan, atau sebaliknya memanfaatkan setiap informasi yang berkaitan dengan pengetahuan khusus atau know how, teknologi, proses teknis, organisasi, kegiatan bisnis, keuangan, perangkat lunak komputer atau setiap informasi Dirzn.com, yang merupakan hak kepemilikan dari Dirzn.com, yang dikomunikasikan kepada Pemberi Jasa atas dasar kerahasiaan (“Informasi Rahasia”).
  3. Pemberi Jasa tidak membuat salinan-salinan dari Informasi Rahasia tanpa persetujuan tertulis terlebih dulu dari Dirzn.com. Dirzn.com dapat melakukan perbaikan pemulihan berdasarkan Perjanjian ini atau hukum akibat pelanggaran Perjanjian tersebut.
  4. Kewajiban Pemberi Jasa seperti tersebut dalam Pasal VIII tidak berlaku terhadap Informasi Rahasia yang (a) sudah diketahui oleh Pemberi Jasa sebelum pengungkapannya kepada Pemberi Jasa oleh Dirzn.com, (b) adalah atau menjadi tersedia secara umum, (c) diterima secara sah oleh Pemberi Jasa dari pihak-pihak ketiga tanpa disertai kewajiban-kewajiban kerahasiaan atau (d) disetujui secara tertulis oleh Dirzn.com bagi Pemberi Jasa untuk mengungkapkannya.
  5. Nama Dirzn.com tidak boleh dicantumkan sebagai klien dari Pemberi Jasa atau digunakan untuk maksud-maksud pemasaran atau setiap maksud lain tanpa persetujuan tertulis terlebih dulu dari Dirzn.com.
  6. Pemberi Jasa setuju dan tunduk terhadap prosedur dan kondisi kebijaksanaan kerahasiaan pribadi yang dipasang pada Laman Dirzn.com.
  7. Data pribadi (personal) yang diberikan hanya akan digunakan untuk identifikasi Pemberi Jasa dan untuk menjalankan Perjanjian ini.
  8. Pemberi Jasa dilarang untuk menggunakan informasi apapun dari Laman lain dan/atau pelayanan pengguna yang mungkin didapat oleh Pemberi Jasa dari Laman atau yang mungkin diberikan oleh Dirzn.com, selain untuk masuk dan menyelesaikan transaksi, dan tidak menggunakan informasi tersebut untuk keperluan meminta/menuntut, mengirimkan email yang tidak diminta atau spam, pelecehan dan aktivitas lainnya yang dianggap tidak dapat diterima atau ditolak oleh Dirzn.com.

IX. JANGKA WAKTU

  1. Perjanjian ini tetap berlaku secara efektif hingga tanggal berakhirnya Perjanjian ini atau sampai diakhiri oleh salah satu pihak sesuai dengan persyaratan dari Perjanjian ini, akan tetapi kewajiban-kewajiban Pemberi Jasa berdasarkan Perjanjian ini tetap berlaku meskipun Perjanjian telah berakhir sejauh semua itu berkaitan dengan Order yang diterima, dan, jaminan serta tanggung jawab yang timbul, sebelum pengakhiran dari Perjanjian.
  2. Dirzn.com berhak untuk mengakhiri Pekerjaan secara keseluruhan atau sebagian Order pada setiap waktu dengan pemberitahuan tertulis kepada Pemberi Jasa 1(Satu) hari sebelumnya. Segera setelah diterima pemberitahuan itu semua Pekerjaan dan setiap layanan yang berkaitan dengan Order itu dihentikan.
    Dalam hal terjadi pengakhiran Pemberi Jasa menyerahkan semua berkas-berkas (gambar, video, kode, dsb) final dan dapat dipertanggungjawabkan dalam waktu dua minggu dari pengakhiran Perjanjian itu. Dirzn.com berhak untuk tidak membayar biaya-biaya lanjutan lainnya yang berhubungan dengan seperti; domain, hosting atau server, dsb setelah Tanggal Pengakhiran.
  3. Pasal-pasal 1266 dan 1267 dari Kitab Undang-undang Hukum Perdata Indonesia, yang mensyaratkan perlunya putusan pengadilan untuk mengakhiri perjanjian, dengan ini secara khusus dilepaskan oleh para pihak.
  4. Tanggal Mulai Berlakunya Perjanjan ini adalah ____________________.
  5. Jangka Waktu Berlakunya Perjanjian ini ialah untuk jangka waktu 1 (satu) tahun, dengan opsi untuk perpanjangan selama setahun dengan persetujuan tertulis dari Dirzn.com dan Pemberi Jasa. Perpanjangan ini dimungkinkan dengan mempertimbangkan kinerja Dirzn.com.

X. PENGECUALIAN JAMINAN DAN LIALIBITAS

Pemberi Jasa harus setuju untuk menerima Laman dan pelayanannya apa ada nya dengan kekurangan atau ketidaksempurnaannya dan tanpa ada perwakilan, jaminan dan garansi apapun, tertulis maupun tersirat, termasuk tanpa batasan terhadap jaminan yang tersirat terhadap ketepatan, kelengkapan, mutu, kemampuan, kecocokan untuk penggunaan tertentu atau pelanggaran hak cipta. Pemberi Jasa secara jelas setuju untuk menggunakan Dirzn.com dengan menanggung resiko nya sendiri.

XI. TERMINASI (PEMBATASAN) PERJANJIAN

  1. Setiap saat dan tanpa alasan berdasarkan pertimbangannya sendiri Dirzn.com dapat mengakhiri perjanjian ini. Dirzn.com tidak memiliki liabilitas atau obligasi apapun terkait dengan pengakhiran perjanian ini.
  2. Dalam pelanggaran perjanjian yang dilakukan oleh Pemberi Jasa (termasuk, tapi tidak terbatas pada, kelebihan chargeback, penipuan/informasi yang menyesatkan tentang “konten” Pemberi Jasa, pelanggaran undang-undang yang berlaku, dsb.) Dirzn.com berhak untuk memberikan penalti kepada Pemberi Jasa. Penalti ini dihitung sebagai kerugian minimal Dirzn.com, dimana tidak perlu dibuktikan, dan Pemberi Jasa harus setuju untuk membayar.

XII. PAJAK-PAJAK

  1. Pemberi Jasa bertanggung jawab untuk dan menanggung serta membayar setiap dan semua pajak-pajak dan lain-lain beban, termasuk semua bea dan cukai, pajak-pajak dan beban-beban, ongkos-ongkos pengeluaran dan lain-lain dan memastikan bahwa pembayaran sebagaimana mestinya dilakukan oleh para sub-kontraktornya berdasarkan Perjanjian tentang setiap pajak yang mungkin ditetapkan atas Pemberi Jasa atau setiap Sub-kontraktor dalam hubungan dengan kegiatan-kegiatan dari Pemberi Jasa atau setiap sub-kontraktor berdasarkan Perjanjian.
  2. Semua Harga-harga dalam kesepakatan Perjanjian adalah belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (“PPN”). PPN akan ditagih secara bersamaan dan akan ditagih dalam Rupiah dan didukung oleh suatu Faktur Pajak, suatu Surat Setoran Pajak (beserta semua formulir-formulir yang telah diisi sebagaimana mestinya sesuai dengan peraturan terakhir dari pemerintahan tentang PPN). Pelunasan dari PPN oleh Dirzn.com dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku dari pemerintah tentang PPN.
  3. Dirzn.com yang ditunjuk sebagai pemotong PPH berkewajiban untuk memotong PPH atau Pajak Penghasilan (apabila ada) sesuai dengan peraturan yang berlaku dari pembayaran yang dilakukan oleh Dirzn.com kepada Pemberi Jasa atas pekerjaan yang dilakukan, kecuali Pemberi Jasa dapat menyerahkan kepada Dirzn.com, Surat Keterangan Bebas Pemotongan PPH yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pajak.
  4. Pemberi Jasa tetap membayar dan menggantirugi Dirzn.com terhadap setiap dan semua pembayaran-pembayaran yang wajib dilakukan dan kerugian-kerugian, biaya-biaya atau pengeluaran-pengeluaran bersifat apa pun yang terjadi yang belum dilunasi sebagai akibat dari atau dalam hubungan dengan setiap kelalaian oleh Pemberi Jasa untuk memenuhi ketentuan-ketentuan dari bagian ini.
  5. Kewajiban-kewajiban tersebut dalam Pasal XII ini tetap berlaku meskipun adanya penyelesaian atau pengakhiran dari Perjanjian.

XIII. PERJANJIAN KESELURUHAN

Perjanjian ini menggantikan setiap komunikasi, representasi, atau perjanjian terdahulu atau bersamaan oleh salah satu Pihak apakah itu lisan atau tertulis termasuk setiap istilah dan persyaratan yang diberikan oleh Pemberi Jasa. Pemberi Jasa tidak menggantungkan pada setiap representasi, lisan atau tertulis, kecuali sebagaimana telah dibuat dalam Perjanjian ini.

XIV. SURAT-SURAT PEMBERITAHUAN

Semua pemberitahuan-pemberitahuan yang wajib diberikan berdasarkan Perjanjian ini adalah secara tertulis dan dikirimkan kepada alamat dari penerima yang ditetapkan pada halaman muka dari Perjanjian ini atau alamat lain sebagaimana penerima mungkin telah tetapkan melalui pemberitahuan yang diberikan sesuai dengan Pasal ini. Setiap pemberitahuan dapat diserahkan secara pribadi, melalui surat kelas pertama dengan porto dibayar di muka transmisi faksimil atau surel dan akan dianggap sebagai telah diterima ketika diserahkan langsung atau 24 jam setelah diposkan atau setelah dikirimkan melalui teleks atau faksimil.

XV. UNDANG-UNDANG YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Perjanjian ini ditafsirkan dan diatur sesuai dengan undang-undang negara Republik Indonesia.
  2. Setiap perselisihan yang timbul dari Perjanjian ini yang tidak dapat diselesaikan secara musyarawah, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Barat di Jakarta – Indonesia.

XVI. AKUNTING DAN AUDIT

  1. Pemberi Jasa dan subkontraktornya wajib menyimpan satu set catatan-catatan yang benar dan lengkap yang berkaitan dengan pekerjaan dan penyediaan Barang. Dirzn.com dapat pada setiap saat dalam jangka waktu 5 (lima) tahun setelah pelaksanaan dari pemenuhan Order melakukan suatu audit dari catatan-catatan itu untuk maksud memverifikasi kebenaran dari setiap faktur yang dibuat oleh Pemberi Jasa. Pemberi Jasa wajib bekerja sama secara penuh dan memberikan kepada Dirzn.com segala bantuan yang perlu di dalam melakukan audit itu.
  2. Setiap ada kekurangan pembayaran yang ditemukan dari hasil audit harus dibayarkan kembali oleh Pemberi Jasa kepada Dirzn.com dalam waktu 14 (empat belas) hari setelah Pemberi Jasa diberitahu tentang kelebihan pembayaran itu.

XVII. PEMATUHAN PADA KEBIJAKAN TENTANG PRAKTEK-PRAKTEK KORUPSI

Pemberi Jasa menyetujui bahwa Pemberi Jasa tidak akan membayar komisi, biaya atau persen kepada seorang pejabat atau pegawai dari setiap pemerintahan pusat atau daerah atau setiap badan pemerintahan atau setiap agen atau kepada para pegawai atau pejabat dari Dirzn.com atau para pelanggannya, dan juga tidak akan memberikan kepada orang-orang itu hadiah-hadiah atau hiburan-hiburan dengan biaya atau nilai yang signifikan. Pemberi Jasa juga menyetujui untuk tidak melakukan pembayaran-pembayaran kepada partai politik untuk atau atas nama Dirzn.com. Pemberi Jasa menyetujui dan memahami bahwa Dirzn.com berhak untuk mengakhiri Perjanjian ini tanpa tanggung jawab untuk setiap kerusakan atau penalti dari Dirzn.com kepada Pemberi Jasa, kecuali untuk pembayaran yang harus dikeluarkan menurut syarat-syarat dari ini, dalam hal Pemberi Jasa menerima suatu peran politik aktif atau menjadi dipekerjakan atau dikontrak oleh pelanggan yang ada sekarang atau yang potensial dari Dirzn.com.

XVIII. KETENTUAN-KETENTUAN UMUM

  1. Setiap ketentuan atau syarat dari Perjanjian ini yang adalah atau mungkin tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan, sejauh tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakannya itu, dianggap sebagai dapat dipisahkan/dilepaskan dan tidak mempengaruhi setiap ketentuan lain dari Perjanjian ini.
  2. Setiap perubahan, amandemen atau modifikasi atas Perjanjian ini adalah secara tertulis yang ditandatangani oleh kedua Pihak untuk menjadikannya berlaku.
  3. Ketentuan-ketentuan dari Pasal-pasal V (Jaminan), VI (Tanggung jawab dan Ganti Rugi), VIII (Informasi Rahasia), XII (Pajak-pajak), XVI (Akunting dan Audit) dan XVII (Pematuhan terhadap Kebijakan tentang Praktek Korupsi), tetap berlaku meskipun telah diakhiri atau telah berakhirnya Perjanjian ini.